Cara Menentukan Kualitas Bahan Kaos, Bagus atau Tidak?

Published by Wsk online on

Dalam penentuan kualitas bahan kaos, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Harga yang mahal tidak selalu menjadi penentu jika memang bahan tersebut memang bagus. Berikut ini beberapa tolak ukur yang harus diperhatikan guna mengukur kualitas bahan kaos, khususnya cotton combed (semua gramasi).

1. Handfeel

Dengan menyentuh bahan kain, Anda akan merasakan bahwa bahannya bagus, lembut dan nyaman apabila dipakai, apabila Anda telah sering membandingkan akan terasa sekali perbedaannya.

Handfeel adalah fase pertama untuk mengukur bahwa kaos memiliki kualitas baik namun harus digarisbawahi bahwa kadang handfeel sedikit menipu. Anda harus mencermati ketika hendak membeli suatu bahan kaos. Cobalah untuk membeli sampel kain terdahulu agar Anda memiliki perbandingan. Dan Anda juga bisa mempelajari karakterisik dari masing-masing kain.

2. Shrinkage

Shrinkage atau susut, jenis ini kadang tidak bisa dilihat dan dirasakan langsung, efeknya hanya akan terasa saat kaos telah dicuci beberapa kali. Untuk mengetahui susut kain sebenarnya masih bisa diminimalisir dengan mencoba pada sample kain terlebih dahulu. Pakai dan cuci kaosnya, maka akan kelihatan bahwa kaos yang dibeli memiliki daya tahan susut yang baik.

Kasus susut cukup bahaya, karena ketika Anda memiliki standar ukuran sendiri, semuanya akan menjadi berubah, mohon baca dan tanyakan baik-baik pada vendor yang anda percayai, berapa toleransi susut kaos yang dijual, agar Anda lebih awas menghadapi masalah susut kaos. Untuk kadar susut yang aman harusnya di bawah 7%.

3. Warna tidak luntur

Warna kaos yang dihasilkan dari [encelupan pekat dan tidak luntur, ketahannya (terkena panas matahari langsung) sangat baik, Anda bisa melihat kaos yang telah lama dipakai apakah warnanya masih solid/pekat? atau sudah kusam setelah beberapa kali cuci?

Selain kenyamanan kain dan daya susut yang aman, warna kaos juga merupakan yang aspek penting yang harus diperhatikan ketika memilih bahan kaos. Untuk treatment warna, biasanya warna yang dihasilkan dari pencelupan pekat menghasilkan warna solid yang tidak mudah luntur serta memiliki ketahanan sangat baik terutama untuk penggunaan outdoor yang terkena panas matahari langsung.

Pastikan ketika Anda mencuci kaos untuk tidak mencampur dengan pakaian lain yang ternyata luntur, pisahkan kaos dengan pakaian yang lebih keras atau kasar teksturnya seperti kemeja atau pakaian berbahan jeans. Dan juga jangan lupa untuk memisahkan kaos berwarna putih dengan kaos berwarna pekat ya.

Sejauh ini kain dari WSK TEXTILE aman tidak luntur warnanya. Kami menjual kain untuk dijadikan bahan kaos berkualitas terbaik, seperti cotton combed, cotton bamboo, CVC Lacoste, dan CVC Twotone, untuk informasi dan pemenasan bisa langsung menghubungi nomor 022-7238668 / 08112327799 atau datang ke toko WSK TEXTILE di Ruko Pelangi No.1. Jl. Terusan Jakarta, Antapani, Bandung.

Categories: artikel

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Positive SSL
%d blogger menyukai ini: